- October 25, 2013

Cara Membuat Wii Board

Untuk kesempatan kali ini, saya akan membagikan tentang cara membuat Wii Board, yaitu sebuah papan tulis yang memanfaatkan pena inframerah den sebuah remot Nitendo Wii sebagai sensornya sehingga tampak seperti papan touch screen.

Cara kerjanya adalah ketika kita menekan tombol yang ada pada pena inframerah maka pena tersebut mengeluarkan chaya inframerah yang dipantulkan oleh papan tulis ke sensor yang di miliki oleh remot Nitendo Wii, kemudian remot tersebut mengebuah titik dari pantulan sensor dari pena menjadi titik yang di pilih/klik sperti halnya kita menggunakan mouse.

Alat & Bahan :


- Remote Nitendo Wii (usahakan yang asli).
- Stand atau dudukan untuk menaruh Remote Nitendo Wii.
- Pena Inframerah (pastikan dapat bekerja dengan baik).
- Komputer dengan Bluetooth (untuk menghubungkan Wii Remote).
- Monitor besar atau proyektor dan layar putih.
- Software Aplikasi.

Saran :

Jika sobat menggunakan monitor, cari pena inframerah yang tidak mengharuskan sobat untuk selalu menekan untuk mengaktifkan. Carilah pena inframerah yang mempunyai sebuah tombol di sisinya serta tombol klik.
Dua Wii remote lebih baik daripada satu (hal ini untuk mengurangi gangguan ketika sobat sedang bekerja dan menghalangi sinyalnya).
Pastikan sobat dapat mengoperasikan Wii Remote dengan baik.
Jika masih kurang jelas, carilah info tentang SmoothBoard di internet.
     Software yang digunakan :
      - WiiMote WiiBord atau SmoothBoard.


Cara Membuat              
     1. Aktifkan Bluetooth Untuk menghubungkan Wii remote ke komputer, kemudian tekan tombol 1 dan 2 di Wii remote untuk memasangkan perangkat.
     2.Tempatkan Wii remote sehingga menghadap papan dan tidak kurang dari 45 derajat sudut dari papan. Usahakan letak Wii remote tidak akan terhalang tubuh anda ketika sedang bekerja antara Wii remote dan pena inframerah yang Anda pegang. 
      3. Jalankan software aplikasi (Wiimote Whiteboard) dan pastikan anda mengkalibrasi pena inframerah Anda sesuai petunjuk. Setelah selesai, maka papan tulis elektronik sudah siap dan bisa digunakan layaknya bekerja pada layar touchscreen.
      Saya bersama teman-teman dari SMK NU Ma'arif Kudus menampilkan produk ini dalam acara Kudus Expo "Gelar Inovasi Produk SMK". Terimakasih juga untuk guru yang membina, sehingga produk ini dapat dibuat.

Cara Membuat Wii Board


 

No comments:

Post a Comment

Berikan Komentar untuk postingan di atas.